Ilustrasi makanan legendaris di Jawa Tengah
Ilustrasi makanan legendaris di Jawa Tengah / freepic.com

Mau Cari Tempat Makan Enak Dan Hits Yang Legendaris? 5 Rekomendasi Makanan Legendaris Di Jawa Tengah

jenkjenk.com - Mau cari tempat makan enak dan hits yang legendaris? Tenang aja, jenkjenk.com punya rekomendasi buat kamu yang diambil dari  e-Booklet Jelajah Kuliner Jateng & Jogja #DiIndonesiaAja di laman Indonesia.travel dan beberapa sumber. Yuk, cek beberapa resto keren yang lagi ngetren di beberapa kota favorit di Indonesia yang di rekomendasikan 

Jelajah Kuliner Legendaris Jawa Tengah

1. Resto ECO 21, Purwokerto : Nikmatnya Tempe Mendoan di Rumah Makan ECO 21 Purwokerto!

Mau tau gak? Ada satu tempat makan legendaris di Purwokerto yang gak boleh kamu lewatkan. Namanya ECO 21 ! Di sini, kamu bisa nyobain kuliner khas Purwokerto yang paling hits, yaitu Tempe Mendoan. Pasti udah pada penasaran, kan?

ECO 21 selalu pake Tempe terbaik buat bikin Tempe Mendoan-nya. Jadi rasanya tuh juara banget! Apalagi, mereka selalu hidangin Tempe Mendoan dalam keadaan hangat, jadi kamu bisa langsung nikmatin kudapan enak ini begitu dateng ke meja. Oh iya, jangan lupa cobain sambel kecapnya yang bikin nagih banget!

ECO 21 buka dari jam 06:30 sampai 21:30 WIB. Jadi, bisa banget buat sarapan, makan siang, atau makan malam. Nah, yang bikin seneng lagi, harga menu di sini juga ramah di kantong, cuma mulai dari Rp. 10.000 per porsi. Jadi, bisa makan enak tanpa takut dompet jebol!

Jadi, jangan sampe kelewatan kesempatan buat nyicipin Tempe Mendoan yang super enak di Rumah Makan ECO 21. Dateng aja langsung ke Jl. Jenderal Sutoyo No. 21 Purwokerto. Selamat menikmati kuliner khas Purwokerto yang kece dan bikin kenyang!

2. Bakso Sami Asih, Purwokerto

Kalau lagi berkunjung ke Purwokerto, jangan sampai lupa untuk mencicipi aneka kuliner lezat khas daerah sini, ya. Nah, di Jalan Pramuka No. 23 ada warung bakso dan soto yang sudah legendaris dengan cita rasa gurih dan segar. Namanya Bakso dan Soto Sami Asih.

Di warung ini, ada dua varian bakso yang bisa kamu pilih. Ada yang isinya telur dan bakso urat, dan kamu juga bisa tambahin topping tetelan di atasnya. Warung ini sudah berdiri sejak tahun 1974, dan menjadi tempat makan yang sangat populer di Kota Purwokerto.

Bakso Sami Asih terkenal dengan baksonya yang kenyal dan kuah super gurih yang dibuat dari kaldu kental yang bikin kamu ketagihan. Porsinya yang jumbo membuat warung ini selalu ramai pengunjung dan jadi favorit para wisatawan.

Selain bakso, ada juga menu soto yang bisa kamu pilih. Ada Soto Sokaraja dengan ketupat, soto ayam kampung, dan soto daging sapi. Kamu bisa nikmati dua varian bakso yang sama seperti tadi, yaitu dengan isian telur dan bakso urat.

Satu porsi soto di warung ini berisi ketupat, potongan daging ayam atau sapi yang melimpah, bihun, tauge, kerupuk, dan bumbu kacang yang khas. Harga menu-menu yang ditawarkan di Bakso dan Soto Sami Asih bervariasi, mulai dari Rp15.000 sampai Rp30.000 untuk bakso (tergantung pilihan isian bakso), soto sapi Rp16.000, soto daging spesial Rp20.000, soto ayam Rp15.000, dan soto ayam bakso seharga Rp20.000.

Warung ini buka setiap hari mulai pukul 10.00 sampai 20.30 WIB, jadi kamu bisa datang kapan pun sesuai keinginanmu.

Yuk, langsung aja mampir ke Bakso dan Soto Sami Asih di Jalan Pramuka No. 23, Purwokerto. Rasakan nikmatnya kuliner legendaris di sini!

3. RM. Gasasa Kudus

Kota Kudus emang punya makanan enak yang wajib dicoba salah satunya adalah garang asem.

Buat kamu yang mau ngerasain garang asem paling enak di kota ini, coba deh mampir ke RM Sari Rasa di Jl. Raya Agil Kusumadya No 20, Jati Kulon. Gak perlu diragukan lagi, rasanya bakal bikin kamu jatuh cinta sejak suapan pertama. Bahkan kabarnya garang asem di tempat ini jadi favoritnya para petinggi negara!

Nah, sebenernya garang asem ini bukan makanan khas asli Kudus, tapi lebih dikenal dari kota tetangganya, Purwodadi. Karena letaknya yang bersebelahan, gak heran kalau pengaruh kuliner antara dua kota ini saling erat, termasuk soal makanan.

Nama "garang asem" sendiri merujuk pada rasa dan cara masaknya. Potongan ayam, tomat, dan cabai dibungkus dalam daun pisang terus dikukus sampai matang. Dalam bahasa Jawa, kukus juga bisa disebut "digarang," yang artinya dipanaskan. Karena rasa asamnya yang berasal dari potongan tomat segar dan belimbing wuluh, jadilah namanya garang asem.

RM Sari Rasa udah lebih dari 40 tahun menyajikan garang asem dengan resep yang gak pernah berubah. Rahasianya, mereka selalu pake ayam kampung biar rasanya makin gurih. Proses masaknya aja butuh waktu sekitar 1,5 jam.

Ada tiga pilihan garang asem di sini, yaitu ayam (daging), jeroan, dan ceker. Semuanya enak banget. Begitu buka bungkus daunnya aja udah langsung kenaaroma rempah yang menggugah selera. Saat kamu nyobain, yang pertama kali nendang di lidah itu pedas, asam, gurih, dan segar. Pedasnya dari cabe rawit, sementara rasa asamnya dari tomat hijau dan belimbing wuluh. Uniknya, daging ayam kampungnya lembut banget, gak alot sama sekali. Bahkan ceker ayamnya bisa langsung lepas dari tulang cuma dengan sekali gigit. Orang Jawa bilangnya "mropoool!"

Berasa kurang kalau cuma makan satu porsi garang asem di sini. Pasti pengin nambah terus, deh. Tapi kamu harus sabar dikit karena hidangannya selalu diangkat dari kukusan dalam keadaan panas. Biasanya, pelayannya keluar bawa gerobak meja buat nyodorin pesanan kamu. Lebih nikmat lagi kalo sambil santai makan garang asem tengah hari sambil minum es timun suri yang dingin. Segerrr banget buat ngilangin haus, apalagi kalo cuacanya lagi panas di Kota Kudus.

Jadi, buat kamu yang penasaran sama garang asem dari RM Sari Rasa ini, dateng aja antara jam 7 pagi sampai jam 9 malam. Tapi, saran gue jangan datang terlalu malem karena bisa aja garang asemnya udah habis. Harganya juga gak bikin kantong bolong, cuma sekitar 25 ribu per porsi. 

 

4.Jagung Bakar Paini Kudus

Kalo lagi di Kota Kudus, jangan lupa cobain Jagung Bakar Paini yang ada di Jl. Gor No.103, Mlati Kidul, Wergu Wetan, Kec. Kota Kudus. Di tempat ini, jagung bakarnya punya keunikan dengan bumbu sambel Malang yang bikin nagih. Plus, ada dua level kepedasan yang bisa kamu pilih, pedas aja atau pedas pol!

Nggak cuma bumbunya yang bikin beda, jagung bakar di sini juga menggunakan jagung Bandungan yang teksturnya lebih empuk dan manis. Jadinya, waktu dibakar, jagungnya mateng lebih cepet dan setelah dingin, gak terlalu keras buat dimakan.

Duh, jagung bakar Paini ini enaknya kebangetan, apalagi pas lagi hangout sama temen-temen. Rasanya bener-bener bikin ketagihan. Gurih, pedas, manis, semuanya ada dalam satu gigitan. Bumbu sambel Malangnya yang khas banget bikin jagung bakar ini beda dari yang lain.

Mau coba yang level pedas aja atau yang level pedas pol? Sesuai selera kamu, deh. Tapi hati-hati, yang pedas pol bisa bikin lidah kamu berapi-api. Tapi seru, kan, buat yang doyan tantangan?

Jadi, kalo lagi di Kota Kudus, jangan lupa mampir ke Jagung Bakar Paini. Lokasinya gampang di Jl. Gor No.103, Mlati Kidul, Wergu Wetan, Kec. Kota Kudus. Cocok banget buat ngisi perut pas lagi ngemper bareng temen-temen. Yuk, langsung meluncur ke sana!

 

5. Sate Gule 29 Semarang

Kalo lagi di Kota Semarang, jangan lewatkan kesempatan buat nyobain Sate dan Gule Kambing 29 Semarang yang legendaris abis. Rasanya enak banget, dan lokasinya juga ada di pusat Kota Lama.

Warung Sate dan Gule Kambing 29 sudah berdiri sejak 57 tahun yang lalu. Lokasinya strategis banget, depan Gereja Blenduk di Jalan Letjen Suprapto nomor 29.

Warung ini buka dari hari Senin sampai Sabtu, jam 09.00-21.00 WIB. Tapi, untuk parkir kendaraan, sekarang gak bisa di dekat warung karena ada penataan di Kota Lama. Jadi, harus parkir di tempat parkir yang udah disediain.

Saat datang kesana, mata langsung tertuju pada gambar menu sate campur daging. Dan saat dihidangkan, sate campur daging, ati, jantung, dan ginjal kambing keliatan bikin ngiler banget. Disajikan dengan irisan bawang merah, sambal rawit merah, dan seiris jeruk nipis.

Wah, gak ada aroma prengus sama sekali dari sate ini. Bumbunya meresap banget dan campuran kecap manis bikin olahan kambingnya makin sedap buat dinikmati. Potongan daging kambingnya cukup besar dan padat. Empuk dan juicy abis!

Kalo kamu pesen setengah porsi dengan 5 tusuk sate plus nasi putih, ternyata udah cukup buat isi perut. Kalo masih kurang kenyang, bisa pesen satu porsi dengan 10 tusuk sate. Harganya cuma Rp 82.500 untuk satu porsi.

Ada juga menu lain yang bikin ngiler, seperti gule (Rp 50 ribu), gule kaki (Rp 60 ribu), sate buntel isi 2 tusuk sate daging cincang (Rp 82.500), otak (Rp 25 ribu), sum-sum (RP 50 ribu), balungan (50 ribu).

Warung sate dan gule 29 ini gak cuma terkenal di kalangan wisatawan, tapi juga banyak artis dan pejabat yang sering mampir ke sana. Di meja kasir, dipajang foto-foto orang-orang terkenal mulai dari Ganjar Pranowo, Irwansyah, Rio Dewanto, Delon, dan banyak lagi.

Jadi, kalo kamu lagi di Semarang, jangan lupa nyobain Sate dan Gule Kambing 29 yang legendaris ini. Rasanya bener-bener mantap! Yuk, langsung aja meluncur ke Jalan Letjen Suprapto nomor 29 di Kota Lama Semarang!

 

Itulah rekomendasi tempat makan legendaris yang ada di Jawa Tengah versi indoensia.travel.