Kampung Pelangi Semarang
Kampung Pelangi Semarang / medcom.id

Menemukan Pesona Warna-warni Di Kampung Pelangi Semarang: Destinasi Wisata Yang Sangat Memukau!

Jenkjenk.com, Semarang - Kampung Pelangi Semarang telah menjadi salah satu destinasi wisata menarik yang patut dikunjungi saat berlibur ke Kota Semarang. Dengan bangunan-bangunan berwarna-warni yang memukau, kampung ini menawarkan pemandangan indah yang dapat dinikmati dari berbagai sudut.

Tempat ini sangat cocok bagi pecinta fotografi yang ingin berfoto dengan gaya kekinian dan nuansa instagramable. Kampung Pelangi juga berhasil memberdayakan masyarakat setempat untuk mengembangkan dan menjaga lingkungan sekitar, sehingga menjadi tempat wisata yang bernilai.

Mari kita simak ulasan lengkap tentang Kampung Pelangi berikut ini.

Tentang Kampung Pelangi Semarang

Kampung Pelangi awalnya merupakan daerah kumuh dan tidak terawat dengan baik yang dikenal sebagai Kampung Wonosari, yang terletak di kecamatan Randusari, Semarang. Transformasi dari kampung kumuh menjadi Kampung Pelangi yang indah seperti sekarang ini tidak terlepas dari peran Slamet Widodo, seorang kepala sekolah dan warga Kampung Wonosari.

Ide ini muncul setelah beliau melihat keindahan kampung wisata Jodipan yang ada di Malang dan juga kampung Kali Code Yogyakarta. Warna warni rumah yang berada di pinggir kali code dan jodipan ini bisa terlihat indah dari jalanan. Hal itulah yang membuat Slamet bekerjasama dengan Pemerintah Kota Semarang dan pihak swasta untuk menyulap Kampung Wonosari menjadi kampung wisata. Hingga akhirnya sekitar 325 rumah di Kampung Wonosari dipercantik dengan berbagai warna yang menghiasi dinding dan atap rumah.

Beberapa dinding dan jalan juga dihiasi dengan mural dan lukisan 3D yang menarik. Sejak saat itu, kampung ini dikenal sebagai Kampung Pelangi Semarang.

Keunikan dan Daya Tarik di Kampung Pelangi Semarang

Kampung Pelangi Semarang menawarkan banyak hal menarik yang dapat Anda nikmati setelah menjadi tempat wisata. Berikut beberapa daya tarik dan kegiatan seru yang dapat Anda lakukan di Kampung Pelangi Semarang:

1. Menikmati Pemandangan Kampung yang Indah

Bagian paling menarik dari Kampung Pelangi ini tentu saja pemandangan kampung yang berwarna-warni Rumah-rumah yang ada di kampung ini dihiasi oleh cat berwarna cerah seperti merah, kuning, hijau, ungu, pink dan lainnya. Hampir setiap sisi kampung memiliki warna yang mencolok dan mampu menarik perhatian mata memandang. Tidak hanya itu hiasan seperti payung gantung, bendera, dan pernak-pernik lain juga ikut meramaikan pemandangan kampung. Suasana kampung yang dulu terkenal kumuh dan kotor sudah tidak bisa Anda lihat lagi di Kampung Pelangi. Semua sudah menjadi bersih, indah, dan cantik bahkan dari pintu masuk kampung hingga sisi lainnya. Dari pintu masuk kampung, Anda bisa melihat bangunan rumah yang berada di lereng bukit terlihat menumpuk Indah dengan warna cerah nya. Kampung Pelangi ini bisa menjadi destinasi yang unik dan menarik untuk Anda nikmati saat di Kota Semarang.

2. Berkeliling di Kampung

Tentu tidak akan puas bila Anda hanya melihat-lihat dari pintu masuk Kampung Pelangi tanpa menjelajah setiap sudutnya. Kampung Pelangi Semarang tidak hanya indah dari luarnya saja, jalanan kecil di dalam kampung juga bisa memberikan pemandangan yang cantik.

Jalan kavling yang tertata rapi memudahkan Anda untuk berjalan kaki. Terdapat juga banyak kursi taman yang disediakan bagi pengunjung yang ingin beristirahat setelah berkeliling.

Di salah satu sisi kampung, Anda bisa menemukan Taman Kasmaran yang cantik. Taman ini sering menjadi tempat pasangan untuk bersantai sambil menikmati pemandangan Kampung Pelangi dari ketinggian.

Yang menarik dari Taman Kasmaran adalah adanya kumpulan gembok cinta yang melambangkan cinta abadi sepasang kekasih. Banyak wisatawan penasaran yang mencoba menuliskan nama mereka dan pasangan di gembok untuk membuktikan mitos tersebut.

3. Karya Seni Luar Biasa

Saat mengelilingi kawasan Kampung Pelangi Semarang, banyak lukisan atau mural ditemukan di dinding-dinding rumah. Mural ini dibuat langsung oleh masyarakat sekitar dengan berbagai macam gambar seperti wayang, sayap, tokoh kartun, dan lainnya. Tidak hanya mural, bahkan beberapa dinding dan jalanan kampung juga dilukis dengan tampilan efek 3D yang unik dan menarik. Gambar seperti ikan yang tumpah, tebing jurang dalam, dan efek lainnya bisa Anda temukan di Kampung Pelangi.

Kampung Pelangi juga menggunakan sampah daur ulang untuk menciptakan hiasan yang indah dan kreatif. Botol plastik, bola bekas, dan potongan bambu diubah menjadi karya seni yang menghiasi kampung.

Adanya hiasan dan pernak-pernik yang menarik tersebut, Kampung Pelangi Semarang ini menjadi semakin cantik dan indah sehingga anda bisa merasakan pengalaman baru yang luar biasa sambil menikmati karya seni yang dihasilkan oleh warga Kampung Pelangi.

4. Spot Foto Yang Berlimpah

Keindahan dan keunikan panorama Kampung Pelangi sudah diakui oleh banyak media dunia dan menjadi viral di media sosial. Spot-spot foto menarik yang dapat dicoba di kampung ini membuat foto-foto Anda jauh terlihat menarik terutama mural-mural unik dan menarik serta lukisan 3D juga memberikan efek interaktif  pada foto Anda.

Salah satu spot indah selain jembatan pintu masuk kampung adalah Taman Kasmaran. Anda dapat menikmati pemandangan warna-warni Kampung Pelangi dari atas yang sangat memukau.

Kampung pelangi  menyediakan berbagai macam properti yang bisa digunakan, seperti berbagai macam bunga, sehingga dapat menjadikan foto instagramable di Kampung Pelangi ini.

5. Pusat Kuliner dan Souvenir

 

Selain menjadi wisata foto kekinian, Kampung Pelangi juga menawarkan wisata kuliner bagi para pengunjung yang datang. Beberapa rumah warga menyediakan jajanan dan panganan khas Semarang dan Kampung Pelangi.

Salah satunya adalah es mambo beraneka warna dan rasa yang pas untuk melepas dahaga saat berkeliling. Anda pun dapat mencoba roti, gorengan, dan jajanan lain yang dijual oleh warga sekitar.

Belanja berbagai souvenir dan pernak-pernik juga bisa Anda lakukan di Kampung Pelangi ini. Banyak toko yang menjual souvenir khas Kampung Pelangi seperti celengan warna-warni. Disekitar kawasan Kampung Pelangi juga banyak toko-toko bunga yang menawarkan berbagai macam jenis bunga cantik beraneka warna. Mengunjungi Kampung Pelangi Semarang bisa jadi pilihan berlibur murah yang tepat untuk Anda lakukan.

Harga Tiket Masuk Kampung Pelangi Semarang

Saat berkunjung ke Kampung Pelangi tidak dikenakan tiket masuk karena gratis. Hanya perlu membayar biaya parkir yang tergolong sangat terjangkau, yaitu Rp3.000,00 untuk parkir motor dan Rp5.000,00 untuk parkir mobil.

Harga-harga tersebut dapat berubah sewaktu-waktu tergantung pada kebijakan pengelola. Namun, daftar ini dapat memberikan perkiraan dan persiapan sebelum mengunjungi Kampung Pelangi.

Lokasi dan Rute Menuju Kampung Pelangi Semarang

Lokasi Kampung Pelangi Semarang ini terletak di dusun Wonosari, desa Randusari, Kecamatan Semarang Selatan, Kota Semarang. Untuk menuju Kampung Pelangi ini Anda bisa menggunakan jasa sewa innova venturer Semarang dan melewati beberapa rute pintu masuk namun yang paling mudah dengan melewati Tugu Muda.

Dari Tugu Muda, Anda dapat melewati Jl. Dokter Sutomo menuju arah selatan. Sepanjang jalan ini di sisi kiri atau timur Jalan, Anda dapat melihat kawasan Kampung Pelangi dan Taman Kasmaran.

Rute ini paling favorit dipilih oleh wisatawan karena melewati banyak tempat wisata lain seperti Lawang Sewu dan tentu saja Tugu Muda. Untuk mendapatkan rute terbaik, Anda dapat menggunakan Google Maps yang akan memberikan petunjuk arah dari titik awal Anda.

Jam Operasional Kampung Pelangi Semarang

Kampung Pelangi dan Taman Kasmaran tidak memiliki jam operasional khusus karena merupakan sebuah perkampungan. Namun, pada malam hari tempat ini sudah sepi dan keindahannya tidak dapat terlihat dengan jelas.

Waktu terbaik untuk mengunjungi Kampung Pelangi adalah sekitar pukul 09.00 WIB atau 15.00 WIB saat cuaca tidak terlalu panas. Anda dapat melihat pemandangan dari atas dengan jelas dan mengambil foto di berbagai spot menarik yang ada.

Kunjungan Anda ke Kampung Pelangi Semarang akan memberikan pengalaman yang unik dan menyenangkan. Nikmati keindahan warna-warni dalam sebuah kampung wisata dan jelajahi semua hal menarik yang ditawarkan oleh Kampung Pelangi Semarang.


PETA LOKASI :